Dispora Matangkan Persiapan Asian Games

  • Shiyabatus Sakhowah
  • 47 Views
  • 11 Jul 2018
-

Kabupaten Tangerang akan menjadi lokasi venue Asian Games 2018 untuk cabang olahraga (cabor) penthatlon, tepatnya di Kabupaten Tangerang. Agar pelaksanaan hajat empat tahunan berlangsung lancar, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Banten Deden Apriandhi Hartawan pun kini sedang fokus mematangkan persiapannya. 

Deden mengungkapkan, dalam waktu dekat pihaknya akan mendampingi Komisi X DPR RI yang akan memantau veneu pelaksanaan Asian Games pada 12 Juli mendatang. Selain memantau, Komisi X juga direncanakan akan melakukan pertemuan dengan Gubernur Banten Wahidin Halim.

"Penthatlon itu gabungan lima gabungan cabang olahraga yang sekaligus dipertandingkan yakni, renang, anggar, menembak, berkuda dan lari. Kalau jadwal yang sudah ada, kalau pertemuan-pertemuan bisa saja berubah, kita lihat situasi dan kondisi saja," ujarnya pada Rabu (11/7/2018)

Untuk pelaksanaan Asian Games secara keseluruhan, diakui Deden saat ini pihaknya terus berkoodinasi dengan Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC). Selain veneu cabor, Banten juga akan menjadi daerah yang dilintasi obor Asian Games.

"Ada beberapa OPD di Pemprov Banten yang terlibat, selain dispora, ada dinas perhubungan, dinas pariwisata, dinas pendidikan dan kebudayaan, juga satpol PP. Ini kami terus koordinasikan," unkapnya.

Dengan sejumlah kabupaten/kota yang dilintasi oleh obor, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota. "Kita persiapkan, termasuk nanti pada saat obor Asian Games melintas di Banten suasana menjadi semarak, seperti ada anak sekolah dan pramuka. Ini yang terus kami komunikasikan lagi," katanya.

Seperti diketahui, pesta olahraga Asian Games 2018 akan diselenggarakan pada 18 Agustus sampai 2 September 2018. Ada 40 cabang terdiri dari 32 cabang olahraga olimpiade dan 8 cabang non olimpiade.