Dispar Banten Promosikan CEC 2018 Untuk Tarik Wisatawan

-

Perhelatan kesenian dan budaya Cilegon Ethnic Carnaval (CEC) Tahun 2018 malam ini digelar, Sabtu (28/4/2018), di Kota Cilegon. CEC sendiri merupakan rangkaian dari HUT ke-19 Kota Cilegon. Pemerintah Kota Cilegon menetapkan bulan April sebagai bulan kunjungan wisata di Kota Cilegon. Ragam hiburan rakyat dan pagelaran acara rangkaian HUT Kota Baja ini, salah satunya CEC.

Sebagai leading sektor kepariwisataan di Banten, Pemerintah Provinsi Banten melalui Dinas Pariwisata terus mendukung kegiatan atraksi budaya ini. Bahkan, Kepala Dispar Provinsi Banten Eneng Nurcahyati meyakini CEC mampu menghadirkan turis domestik maupun mancanegara untuk datang ke Kota Cilegon, umumnya Banten. Eneng yakin, CEC akan memberikan multiplier effect sektor pariwisata di daerah, diantaranya menghidupkan industri-industri kreatif dan meningkatkan hunian hotel di Kota Cilegon.

 “Melalui CEC ini, kita bisa mempromosikan potensi wisata di Kota Cilegon dan potensi Banten secara umum,” kata Eneng.

Dalam gelaran CEC tahun ini, juga akan menampilkan berbagai multi etnis yang ada di Kota Cilegon seperti  Paguyuban Padang, Tapanuli, Bali, Malang, Manado, Makassar, Dayakan, Sunda, Palembang, Papua, dan Tionghoa. Sementara peserta  juga datang dari daerah lain seperti peserta dari Bali, Lampung, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. Negara sahabat seperti Korea,Cina serta Prancis juga turut memeriahkan hajat tahunan ini.

Ia berharap, adanya even tersebut dapat memikat turis domestik dan asing untuk datang ke Banten melalui paket wisata. Hal ini mengingat ada banyak potensi  di Banten yang belum sepenuhnya dikenal wisatawan. Dengan demikian, secara tidak langsung pendapatan sektor wisata akan bertambah seperti pendapatan dari hotel dan restoran.

Eneng menjelaskan, ada banyak destinasi menarik di Kota Cilegon yang bisa ‘dijual’. Apalagi, topografi wilayah Cilegon yang berupa hamparan pegunungan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dari sini pula, pengujung akan melihat hamparan pesisir barat Kota Cilegon dari Gunung Batu Lawang dan Gunung Batur yang merupakan salah satu tujuan wisata argo. Esok harinya, Kota Cilegon juga akan mengadakan paket wisata napak tilas Anak Gunung Karakatu yang dikemas dalam Sail to Krakatau. Selain kedua event wisata tersebut, ada pula event Golok Day 2018 yang akan turut memeriahkan HUT Kota Cilegon.