DPPMD Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas Manajemen Lembaga Masyarskat

-
SERANG - Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa (DPPMD) Provinsi Banten menggelar bimbingan teknis peningkatan kapasitas manajemen lembaga masyarskat', di ruang rapat Distamben Provinsi Banten, Kamis, 30/11/2017.
 
Kepala DPPMD Provinsi Banten, Sigit Switarto, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan, sebagai upaya untuk mengoptimalkan peran dan fungsi  lembaga kemasyarakatan yang ada di desa.
 
"Yang mengikuti kegiatan ini dari 4 kabupaten. Pandeglang dengan Lebak kemarin dan hari ini Kabupaten Serang dan Kabupaten Tangerang. Kita harapkan peran dan fungsi lembaga di desa bisa maksimal, yakni sebagai penampung aspirasi masyarakat desa," paparnya.
 
Sigit mengaku, pihaknya terus mendorong agar kebijakan kabupaten/kota dapat lebih pro lagi dalam mendukung keberadaan kelembagaan desa. " Didalamnya juga ada sharing antar DPMD kabupaten/kota, soal kebijakan pemerintah mengenai peningkatan kapasitas lembaga desa," terangnya
 
Sigit mengatakan, salah satu faktor yang menentukan keberhasilan penguatan kelembagaan adalah adanya kemampuan dari sumber daya manusia dalam kelembagaan itu sendiri. Dengan demikian menurutnya, pengetahuan dan wawasannya harus ditingkatkan.
 
"Para Lembaga desa ini harus ditingkatkan pendidikannya, melalui pelatihan pelatihan, dan kegiatan bimbingan lainnya." tukas Sigit.