Wakil gubernur banten Mengajak masyarakat selamatkan dunia dengan menanam pohon

-
LEBAK -  Wakil Gubernur Provinsi Banten, Andika Hazrumy ditemani istri Adde Rosi Khoerunnisa menanam pohon buah di lahan kritis yang terletak di Desa Curug Bitung, Kecamatan Curug Bitung, Kabupaten Lebak yang menjadi bagian dari program penanaman 25 ribu pohon di Provinsi Banten, pada Rabu (6/12/2017).
 
Penanaman pohon bersama masyarakat Kabupaten Lebak tersebut sebagai momentum memperingati hari menanam pohon indonesia dan bulan menanam nasional tingkat provinai banten tahun 2017. Wakil Gubernur Provinsi Banten, Andika Hazrumy mengungkapkan bahwa tumbuhan merupakan mahluk hidup yang sangat bermanfaat bagi manusia, bukan hanya bernilai ekonomi namun keberadaan tanaman dapat menyelamatkan bumi dari pemanasan global.
 
Oleh karenanya, Andika mengajak seluruh masyakat bersama-sama menanam pohon hingga menjaga kelestarian alam, mengingat beberapa tahun belakamgan sejumlah lahan di Provinsi Banten berstatus kritis atau mengalami kemerosotan kesuburan. 
 
"Melalui penanaman pohon ini, saya berharap kita semua dapat menjaga kelestarian alam, mengajak partisipasi aktif masyarakat sehingga lahan yang kritis ini dapat subur dan produktif kembali," ujar Wakil Gubernur Provinsi Banten. 
 
Lebih jauh Andika bercerita bahwa gerakan menanam pohon merupakan upaya yang sudah dilakukan oleh hampir seluruh negara didunia untuk menyelamatkan bumi dari pemanasan global, bahkan Lembaga PBB yang membidangi lingkungan hidup telah membuat kebijakan khusus terkait menjaga kelestarian alam guna meminimalisir pemanasan global. 
 
Secara khusus, manfaat langsung yang dapat dirasakan oleh masyarakat yaitu lahan yang sebelumnya kritis dapat dipicu kembali agar kembali dapat produktif, terlebih tanaman yang ditanam merupakan tanaman buah seperti mangga dan rambutan. 
 
"Semoga ini dapat memberikan berkah bagi masyarakat, tanaman buah ini kan bernilai ekonomis sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat," pungkasnya. 
 
Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah Provinsi Banten, Husni Hasan mengungkapkan bahwa pada tahun 2017 ini Pemerintah Provinsi Banten akam menanam 25.000 pohon yang disebar disejumlah daerah. 
 
"Penetapan lokasi penanaman telah melalui proses evaluasi dari tiga daerah yang sudaj kami kunjungi, di desa ini lahan kritis mencapai 13 hektar dengan kondisi cukup gersang," ujar Husni Hasan
 
Bukan hanya menanam pohon mangga, pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Provinsi Banten terlihat melepaskan ribuan bibit ikan serta membagikan secara simbolis sejumlah bantuan berupa perlengkapan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui budidaya jamur tiram dan usaha lebah madu. (*)