Press Realease

Wagub Dukung Denpom Tingkatkan Program Tanam Sejuta Pohon

Photo Name

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menerima audiensi dari Dandenpom III/4 Serang Mayor Cpm Rukhwan Hadi beserta rombongan di ruang transit Wakil Gubernur, KP3B, Curug, Kota Serang. Audiensi bersama Dandenpom baru tersebut dalam rangka membahas sejumlah program pelestarian alam dan ketertiban masyarakat Banten usai terjadinya bencana tsunami Selat Sunda dan menjelang Pemilu 2019.

Pada kesempatan tersebut, Wagub menyampaikan apresiasi atas peran serta Denpom dalam mengawal program-program pemerintah agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satunya adalah melalui program penanaman sejuta pohon yang menurut Wagub mampu menjadi solusi jangka panjang dalam rangka antisipasi dampak bencana yang lebih luas.

Saya sangat apresiasi dan mendukung penuh, khususnya penanaman pohon di sepanjang kawasan pantai, karena pohon kan berfungsi juga sebagai pemecah ombak. Saya sudah tugaskan DLHK untuk pembagian bibit, BNPB juga katanya mau tanam juga, jadi nanti kalau bisa serentak kita tanam bibit pohon di jalur pantai,”tutur Wagub

Menurut Wagub, khasiat pohon untuk mengantisipasi dampak bencana di wilayah pantai memang baru akan terasa sekitar 10 tahun mendatang. Namun, manfaat lain dari pohon-pohon tersebut bagi pelestarian lingkungan juga cukup penting.

Erupsi gunung anak krakatau biasanya 6 taun sekali, tapi kemarin terjadi setelah 10 tahun. Erupsi ini rutinitas dari gunung merapi, jadi antisipasinya juga harus disiapkan dari segala sisi dan sejak dini,”tuturnya.

Saat ini, lanjut Wagub, Pemprov tengah menangani proses pembangunan hunian tetap bagi para korban bencana tsunami yang kehilangan tempat tinggalnya. Sudah tercatat sekitar 1.400 rumah yang akan dibangun mulai dari Kecamatan Cinangka hingga Ujung Jaya. Oleh karenanya, Wagub meminta Denpom agar dapat berperan dan membantu dalam pembangunan hunian tersebut.

“Saat ini kan masuk pada fase mitigasi bencana, yakni pemulihan pariwisata. Untuk hunian tetap ini harus dibangun tidak boleh berada di zona merah. Tapi juga jangan terlalu jauh karena khawatir masyarakat akan kesulitan dalam mata pencahariannya,”jelasnya

Hal lain, Wagub meminta Denpom agar berperan aktif dalam membantu pengamanan Pemilu 2019. Menurutnya, potensi konflik yang ditimbulkan pada era digital saat ini lebih berbahaya dibandingkan sebelumnya. Karena, percekcokan di dunia maya dapat membawa dampak buruk pada masyarakat luas dan generasi bangsa khususnya di Banten.

Sementara, Dandempom III/4 Serang Mayor Cpm Rukhwan Hadi menyatakan kesiapannya membantu pemerintah  dalam penanganan pasca bencana sekaligus pengamanan pemilu 2019. Pihaknya juga menyambut baik antusiasme dan komitmen Pemprov Banten dalam upaya pelestarian lingkungan melalui penanaman sejuta pohon.