Press Realease

Tangani Warga Korban Bencana, Pj Gubernur Banten Salurkan Bantuan ke Lokasi Terdampak

WhatsApp Image 2022-05-17 at 15.58.01 (1)

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar langsung terjun ke lokasi terdampak bencana angin puting beliung di Desa Sukatani, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Senin (16/5/2022). Hal itu dilakukan Muktabar untuk melihat langsung kondisi masyarakat Banten yang terdampak. 

Muktabar datang ke lokasi didampingi oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Banten Nana Suryana bersama jajaran, Camat Cikande, Kepala Desa Sukatani serta beberapa jajaran tingkat desa. Hujan gerimis yang mengguyur tak menghalangi rombongan untuk menuju ke lokasi terdampak. 

"Kejadian bencana itu merupakan musibah yang di luar dugaan manusia. Oleh karena itu, kami mengajak kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa mengantisipasi berbagai bentuk bencana yang akan terjadi," katanya. 

Diungkapkan Muktabar, Pemprov Banten sangat konsen terhadap upaya pencegahan dan penanggulangan bencana. Upaya pencegahan itu dilakukan dalam berbagai kegiatan mitigasi oleh BPBD Provinsi kepada wilayah-wilayah yang berpotensi terjadi bencana. 

"Juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat sekitar, untuk senantiasa waspada dan memberikan penyuluhan terkait proses evakuasi mandiri ketika bencana terjadi," katanya. 

Dalam hal penanggulangan, lanjutnya, Pemprov juga terus berupaya meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana, dari mulai tahap awal evakuasi sampai pada penyiapan Hunian Sementara (Huntara) sambil menunggu proses penyiapan Hunian Tetap (Huntap) selesai dilakukan. 

"Tahapan ini sudah menjadi SOP dan Protap kami dalam kebencanaan. Itu akan kita giatkan betul. Saya sangat konsentrasi terhadap hal-hal yang kita terima dalam situasi alam dari kebencanaan," ungkapnya.  Muktabar juga menegaskan jika Pemprov Banten siap memberikan bantuan yang bisa dilakukan untuk meringankan beban masyarakat saat bencana alam terjadi. 

Meskipun skala kebencanaanya masih bisa ditangani oleh daerah, jika peran serta Pemprov diperlukan, kita siap bantu baik dalam bentuk bantuan alat-alat berat kita yang ada di PU serta Perkim. "BPBD juga setiap saat siap untuk menyikapi apa-apa yang yang terjadi dari keadaan alam ini," pungkasnya. 

Sementara itu Kalak BPBD Provinsi Banten Nana Suryana menambahkan saat ini sebagian besar Provinsi Banten memang masih terus terjadi hujan, baik itu dalam intensitas sedang maupun besar.  "Oleh karena itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dan waspada terhadap potensi bencana alam yang bisa terjadi di sekitar," ucapnya. 

Selanjutnya, pihaknya juga sudah melakukan upaya mitigasi bencana di seluruh wilayah di Banten. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pencegahan apabila nanti terjadi bencana alam. 

"Selain kita juga sudah melakukan edukasi dan sosialisasi terkait proses evakuasi mandiri yang bisa dilakukan oleh masyarakat melalui jalur-jalur evakuasi yang sudah kita siapkan," jelasnya. 

Kepada para korban bencana angin puting beliung di Kecamatan Cikande ini, Nana mengungkapkan ada puluhan paket bantuan yang disiapkan berdasarkan arahan dari Bapak Pj Gubernur Banten Al Muktabar.  "Ada paket sandang, pangan serta kebutuhan perlengkapan sekolah bagi anak-anak," ucapnya.