Press Realease

Tanamkan Nasionalisme dan Sikap Kebangsaan kepada Generasi Muda, Pemprov Banten Gelar Kemah Kebangsaan

WhatsApp Image 2022-11-24 at 06.49.47 (1)

Menciptakan generasi muda yang memiliki nasionalisme pada zaman globalisasi saat ini sangatlah diperlukan. Penerapan dalam kehidupan sehari-hari haruslah selalu dilakukan.

Hal itu disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Banten Ade Ariyanto saat membuka Kemah Kebangsaan Se-Provinsi Banten Tahun 2022. Kegiatan yang mengusung tema “Menumbuhkan Rasa Kebangsaan dan Nasoinalisme Generasi Muda” dilaksanakan di Outbound Tembong Adventure, Cipocok Jaya Kota Serang, Selasa (22/11/2022).

Menurutnya, di era dinamika dengan arus global yang cukup deras ini maka nilai-nilai wawasan kebangsaan harus terus dibangun. Sehingga sebagai warga negara yang baik tidak mudah terpengaruh dengan budaya yang tidak sesuai dengan ideologi Pancasila.

“Dengan adanya kegiatan ini, mari kita usahakan mampu menanamkan butir-butir Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga kita bisa menyaring setiap aktivitas yang akan kita lakukan,” jelasnya. 

Masih menurut Ade, kegiatan ini sebagai ajang bersilaturahmi bagi generasi Z, sehingga dapat meningkatkan komunikasi dan sikap demokrasi untuk membentuk persatuan dalam menciptakan satu kekuatan yang baik bagi Provinsi Banten.

“Mendekati tahun pemilu, saya harap dengan kegiatan ini mampu menumbuhkan sikap demokrasi bagi para generasi muda yang nantinya mampu mensukseskan salah satu pesta rakyat tersebut,” katanya.

“Makannya dengan kegiatan ini, mengingat para adik-adik ini merupakan pemilih pemula. Wawasan Kebangsaan dan sikap nasionalisme ini harus benar-benar di tanamkan sehingga nantinya mereka memiliki cara pandang berpolitik yang baik,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Bina Ideologi dan Wawasan Kebangsaan sekaligus Ketua Pelaksana Fathurrahman menyampaikan tujuan dari kegiatan ini ialah melatih kembali rasa toleransi dan gotong royong antar sesama yang merupakan sikap penting demi menjaga keutuhan Bangsa.

“Tidak hanya nilai-nilai kebangsaan saja yang akan kita implementasikan pada kegitan ini, rasa persaudaraan saling mengasihi akan terus kita latih,” pungkasnya. 

Sebagai informasi, kemah kebangsaan ini akan berlangsung dari tanggal 22 s.d 24 November 2022 dengan berbagai macam lomba seperti cerdas cermat, cipta puisi dan memasak. Adapun kegiatan ini diikuti oleh berbagai Intansi pendidikan mulai dari Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK/MA) sampai Perguruan Tinggi (PT) dan beberapa Organisasi Masyarakat.