Press Realease

Pj Sekda: Matangkan Perencanaan untuk Pelayanan Publik Berkualitas

Photo Name

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi ( Pemprov ) Banten Ino S Rawita menyatakan bahwa Pemprov Banten berkomitmen untuk berupaya mematangkan rencana program-program pembangunan yang akan dilaksanakan kedepan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat Banten agar lebih berkeadilan dan tepat sasaran.  
Hal itu disampaikan Pj Sekda saat membuka Forum Perangkat Daerah(FPD) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tahun 2019, yang bertempat di Bappeda Provinsi Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Curug, Kota Serang, Kamis (14/3/2019).

Pj Sekda menuturkan, dengan kehadiran unsur DPRD dalam forum ini menandakan bahwa perencanaan di Provinsi Banten benar-benar harus matang. Hal ini akan berdampak positif pada pelayanan masyarakat yang lebih terjamin kualitasnya, serta proses evaluasi dan pelaksanaan akan terukur karena seluruh stakeholder hadir dalam forum ini. Karena, FPD merupakan kegiatan dalam rangka menyusun rencana kerja tahun 2020 yang waktunya sudah ditentukan serta seluruh perangkat daerah yang ada di kab/kota dan provinsi harus melaksanakan juga mengambil masukan-masukan dari masyarakat tentang apa yang harus dilaksanakan oleh seluruh OPD.

Pj Sekda berharap melalui FPD ini, penyusunan perencanaan adanya kesinambungan provinsi dengan kabupaten/kota. Sehingga target perencanaan dan kinerja yang ingin dicapai oleh Presiden dan Wakil Presiden saling berhubungan dengan target kinerja yang ingin dicapai oleh Gubernur dan Wakil Gubernur hingga Bupati dan Walikota.


"Tatkala perencanaan oleh Bappeda ini kurang nyambung, maka kinerjanya juga nggak nyambung. Makanya akan ada revisi supaya kinerja, target dan pelaksanaan program agar kedepannya perencanaan semakin tertata rapi," imbuhnya

Kepala Bidang Perencanaan dan Evaluasi Program (PEP) Bappeda Provinsi Banten Nur Meutia melaporkan, dilaksanakannya FPD kali ini mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah. Dengan tujuan mengacu Pedoman pelaksanaan petunjuk teknis FPD Pemprov Banten yakni; 1) Menyelaraskan rencana program kegiatan Bappeda Provinsi Banten Tahun 2020 dengan Bappeda kabupaten/kota terkait program dan kegiatan perangkat daerah provinsi terkait, 2) Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan Bappeda Provinsi Banten tahun 2020 sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah, 3) Menyelaraskan program dan kegiatan Bappeda Provinsi Banten tahun 2020 dengan perangkat daerah propinsi terkait dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah, dan 4) Menyelesaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.


Peserta Kepala Bappeda kabupaten/kota se-Provinsi Banten, pejabat eselon III, IV dan pelaksana daerah Provinsi Banten.

Hadir sebagai Nara sumber; Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Nuraeni, dengan materi paparan Pokok-pokok pikiran DPRD terkait perencanaan pembangunan provinsi Banten tahun 2020, Direktur Jendral Bina Pembangunan Daerah Kementrian Dalam Negeri dengan materi paparan Integrasi SIPD dalam perencanaan pembangunan perspektif Kemendagri nomor 98 tahun 2018, Kepala Pusat Pelayanan Teknologi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi dengan materi paparan Integrasi sistem informasi perencanaan, penganggaran dan pengendalian provinsi Banten, dan  Kepala Bappeda Provinsi Banten dengan materi paparan Sinergitas perencanaan program dan anggaran pembangunan tahun 2020.