Press Realease

Pj Gubernur Banten Al Muktabar : Anggota Paskibraka Harus Menjadi Teladan Kebaikan

WhatsApp Image 2022-08-17 at 09.33.23 (1)

Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengukuhkan 50 Paskibraka Provinsi Banten Tahun 2022 di Pendopo Gubernur Banten, KP3B, Curug, Kota Serang, Senin malam (15/8/2022). Anggota Paskibra harus mampu menjadi teladan kebaikan generasi muda.

"Kepada adik-adik Paskibraka, saya berpesan agar proses sejak seleksi sampai terpilih ini tidak dianggap sebagai sebuah tugas belaka. Lebih jauh dari itu, dimana adik-adik semua harus menjadi teladan bagi rekan-rekan yang lain untuk saling mengingatkan demi kebaikan bangsa Indonesia," ungkap Al Muktabar.

Dikatakan, tantangan ke depan begitu besar. Tantangan yang harus dijawab dengan kemampuan dan tanggungjawab oleh anak bangsa yang ingin terus melihat Indonesia berjaya di mata dunia.  "Di generasi muda seperti adik-adik ini, kami ingin memberikan serta mewariskan apa yang telah kami capai untuk dilanjutkan ke depan," kata Al Muktabar.

"Sanggup tidak sanggup, suatu saat nanti di pundak adik-adiklah estafet kepemimpinan ini akan dilanjutkan. Itu harus lebih baik dari sekarang baik untuk Provinsi Banten maupun untuk Indonesia," tambahnya.

Al Muktabar mendoakan semoga Tuhan yang Maha Esa membimbing serta memberikan kemampuan kepada para Paskibraka melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Melaksanakan tugas pada Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-77 Provinsi Banten.

Sebelum dikukuhkan, puluhan Paskibraka Tahun 2022 Provinsi Banten terlebih dahulu melakukan Ikrar Setia Kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika. Usai mengukuhkan, Al Muktabar secara simbolis menyematkan pin tanda pengukuhan dan penyematan sabuk kepada salah satu Paskibraka. 

Al Muktabar mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pelatih yang telah mencurahkan tenaga dan pikiran. Mempersiapkan generasi muda dalam Peringatan HUT Kemerdekaan RI Ke-77.

Dalam laporannya, Kepala Dispora Provinsi Banten Ahmad Syaukani mengatakan, pembentukan Paskibraka Provinsi Banten Tahun 2022 ini diawali seleksi pada bulan Mei 2022 yang diikuti 80 orang dari Kabupaten dan Kota se-Provinsi Banten.

"Dari hasil seleksi tersebut, diperoleh 50 orang untuk menjadi Paskibraka dan dua orang yang dikirim ke pusat untuk menjadi Paskibraka Nasional," katanya.  Dikatakan, 50 orang Paskibraka Provinsi Banten mengikuti Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka yang dilaksanakan selama 15 hari.

"Kami melibatkan berbagai unsur pelatih, instruktur dan narasumber, di antaranya dari unsur Korem 064/MY, Polda Banten, Grup 1 Kopassus, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Banten, BNP Provinsi Banten, Akademisi, DPRD Provinsi Banten, dan unsur OPD Provinsi Banten," pungkasnya.

Tampak hadir Pj Sekda Banten M Tranggono, unsur Forkopimda, sejumlah Kepala OPD Provinsi Banten serta para orang tua anggota Paskibraka Provinsi Banten 2022.