Press Realease

Hadiahi Atlet Ratusan Juta Rupiah, Banten Target 10 Besar di PON 2020

Photo Name


Pemprov Banten memberikan hadiah uang ratusan juta rupiah kepada para atlet peraih medali di Asian Games 2018 asal Banten sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang telah diraih para putra dan putri Banten di ajang olahraga berkelas benua Asia tersebut. Banten juga merasa optimistis dengan performa para atletnya, sehingga mencanangkan target masuk 10 besar dalam ajang olahraga nasional PON ke-20 di Papua tahun 2020 mendatang.

 

“Semoga pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 di Papua,

kontigen Banten dapat berprestasi mendapat peringkat 10 besar,” kata Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat memberikan sambutan pada acara Penyambutan dan Penyerahan Penghargaan kepada Atlet Asian Games 2018 asal Banten di Pendopo Gubernur Banten, Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B) Curug, Kota Serang, Rabu (5/9/2018).

 

Terkait dengan target di Pon ke-20 tersebut, Wagub mengatakan, Pemprov Banten akan melanjutkan pembangunan pusat kegiatan olahraga atau Sport Centre Provinsi Banten pada Tahun 2018. Pembangunan sport center diharapkan dapat memberikan sarana olahraga terpadu yang baik kepada masyarakat, khususnya kepada para atlet Pelatda Banten yang akan beraga di ajang PON ke-20.

 

“Untuk itu, konsentrasi pembangunan sport center terus diupayakan guna terwujudnya kawasan olahraga terpadu dalam kurun waktu 5  tahun kedepan,” imbuhnya. Selain itu, lanjutnya, pembangunan sport centre juga diharapkan dapat memberikan dampak terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi wilayah.

 

Lebih jauh Wagub mengatakan, Pemprov Banten mengucapkan selamat atas prestasi sejumlah Atlet Banten pada ajang Asian Games 2018. Terima kasih dan apresiasi yang tinggi juga, lanjutnya, disematkan kepada seluruh atlet, pelatih dan official atas dedikasi dan prestasi pada ajang Asian Games 2018. “Kepada atlet yang belum berhasil mendapatkan medali agar terus berlatih dan termotivasi untuk pencapaian prestasi yang lebih baik lagi pada event-event nasional maupun internasional,” imbuhnya.

 

Untuk ketahui, sebanyak 21 atlet Banten berlaga pada Ajang Asian Games 2018 khususnya pada 13 cabang olahraga Atletik, Berkuda, Dayung, Hoki, Judo, Layar, Menembak, Panahan, Panjat Tebing, Paralayang, Sepakbola Putra/ Putri dan Softball. Atlet asal Banten berhasil menyumbangkan 2 emas, 2 perak dan 2 perunggu bagi kontingen Indonesia.

 

Para peraih medali diantaranya adalah Aris Apriansyah dari cabang paralayang di nomor akurasi beregu. Ia juga meraih satu perunggu untuk nomor lintas alam beregu putra. Satu emas juga didapat oleh Rajiah Sallsabila dari cabang panjat dinding untuk nomor speed relay beregu putri. Sementara, M Fajar Fathurohman mendapatkan satu medali perak dan satu perunggu untuk kano/kayak spint nomor 1000 meter beregu dan 500 meter beregu putra. Terakhir, satu perunggu diraih oleh Since Lithasova untuk olah raga kano/kayak 200 meter beregu putri. Untuk peraih perak, bonus tambahan Rp 100 juta dan perunggu Rp 50 juta. Sebagai bentuk apresiasi, para atlet yang ikut berpartisipasi juga mendapat bonus Rp 10 juta.