Press Realease

Gubernur Inginkan Palima-Pakupatan Jadi Jalur Protokol

Photo Name

Gubernur Banten Wahidin Halim melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke ruas jalan Palima-Pakupatan, Serang yang dipenuhi spanduk, baligho dan rumput-rumput dan PKL liar, Rabu (10/4/2019). Upaya pembersihan ini dilakukan lantaran Gubernur menginginkan agar jalur Palima-Pakupatan dapat dijadikan jalur protokol di Kota Serang. 

 

Dalam sidak, Gubernur bersama kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait mengawasi kegiatan pembersihan jalur Palima-Baros yang dilakukan petugas teknis gabungan dari Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim), Dinas Perhubungan (Dishub), Satpol PP, Dinas LHK dan Dinas Pertanian. 

 

Berdasarkan pantauan, Gubernur melakukan sidak sekitar pukul 07.00 WIB dimulai dari titik depan gedung Bank Indonesia, Palima. Gubernur meninjau sejumlah titik yang tengah dibersihkan dan ditertibkan. Kemudian, Gubernur memerintahkan para Kepala OPD terkait atas upaya pembersihan dan penertiban yang harus dilakukan oleh masing-masing OPD sesuai tupoksi. 

 

Gubernur memerintahkan Kepala Satpol PP M Basri untuk menertibkan sepanjang jalur Palima-Baros dari spanduk, baligo dan APK liar yang memadati dan mengotori estetika. 

 

"Pokoknya saya pengen kelihatan indah, estetikanya harus ada. Tertibkan yang masih liar,"ujar Gubernur

 

Selain itu, Gubernur juga memerintahkan Kepala Dinas Perkim M Yanuar, Dinas Pertanian dan LHK untuk membersihkan rumput-rumput liar yang memenuhi median dan bahu jalan serta menanaminya dengan tumbuhan dan pepohonan yang bagus. 

 

"Biar kelihatan jalan menuju KP3B itu bersih, asri dan nyaman dilalui. Nggak malu-maluin. Saya ingin ini jadi jalur protokol, jadi kondisinya harus selayaknya seperti jalur protokol,"tegasnya

 

Terakhir, Gubernur juga memerintahkan Kepala Satpol PP untuk menertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang masih memadati bahu-bahu jalan sepanjang jalur Palima-Baros. Gubernur tidak menginginkan keberadaan PKL liar mengganggu kenyamanan dan keamanan lalu lintas sepanjang jalur tersebut. 

 

"Sterilkan itu pedagang kaki lima di sepanjang jalan, untuk mengurangi kemacetan,"ujar Gubernur. 

 

 

Untuk diketahui, kegiatan bersih-bersih dan penertiban jalur Palima-Baros merupakan hasil dari rapat evaluasi terbatas yang dilakukan pada Selasa (9/4/2019) di ruang rapat Gubernur, KP3B, Curug, Kota Serang. Rapat yang dipimpin langsung Gubernur tersebut dihadiri Pj Sekretaris Daerah (Sekda), Asda III dan sejumlah OPD diantaranya Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Perkim, Kepala Dishub, Kepala Dinas LHK, Inspektur, Satpol PP, Kepala BKD, Kepala Bappeda, Biro Pemerintahan dan Biro Adpem.