Press Realease

Gubernur Apresiasi Kinerja Brigjen Pol Teddy Minahasa di Banten

Photo Name

Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menghadiri Serah terima jabatan (Sertijab) Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten dari Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra, SH, S.I.K kepada penggantinya Brigjen Pol Drs. Tomsi Tohir, M.Si. Acara berlangsung di Hotel Horison Ultima Ratu Jl. KH. Abdul Hadi No.66, Cipare, Kecamatan Serang, Kota Serang. Selasa, (27/11/2018) malam. Dalam kesempatan tersebut, Gubernur menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap Kapolda Banten Brigjen Pol Teddy Minahasa Putra atas kinerjanya selama bertugas di Banten. khususnya dalam persiapan menjelang Pemilu 2019, penyalahgunaan narkoba hingga persoalan upah buruh.  

Terlihat hadir Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Banten Ino S Rawita, Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, Wakil Ketua DPRD Banten Ade Rossi Chairunisa, Bupati Serang Rt Tatu Chasanah, KH. Abuya Muhtadi, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Banten KH. M Romli, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi Banten, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Banten.

Dalam sambutannya, Gubernur menjelaskan bahwa kondisi Banten hari ini dalam keadaaan aman. Bahkan menjelang pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 mendatang, kondusifitas di Banten tertangani dengan baik.  Menyinggung masalah penyalahgunaan narkoba Gubernur mengakui tingginya tingkat kesulitan untuk mengawasi peredaran dengan panjangnya garis pantai ± 567KM. Sehingga, tidak hanya dibutuhkan peran aktif aparatur pemerintah, namun dukungan para ulama, para kyai, pimpinan pondok pesantren dalam memerangi penyalahgunaan narkoba dan menjadikannya musuh bersama.

“Dan masalah buruh merupakan ritual tahunan yang selalu menuntut kenaikan upah, sementara pengusaha juga didera oleh berbagai persoalan ekonomi mengakibatkan banyak industri eksodus ke provinsi lain akhirnya menyebabkan cukup tinggi di Banten.

Oleh karenanya, Gubernur mengimbau kepada pengusaha untuk ikut bersama-sama memikirkan masyarakat Banten memberi peluang untuk bisa bekerja.

Gubernur mengaku merasa kehilangan dan cukup terkejut dengan digantinya Teddy Minahasa, karena hanya kurang lebih 3 bulan menjabat dan pihaknya sedang intens menjalin koordinasi dan persahabatan dalam membangun untuk kepentingan Banten bersama.

“Bahkan sudah mendesain, merancang apa yang akan kita lakukan bulan ini dan sebagainya, tiba-tiba beliau (Teddy Minahasa) diganti dan pindah tugaskan ke Polda Lampung,”tutur Gubernur

Namun demikian, Gubernur memahami pertimbangan Kapolri untuk memutasi Kapolda Banten saat ini, meskipun dari segi waktu cukup singkat Brigjen Pol Teddy menjabat Kapolda Banten.

“Apa yang dilakukannya banyak memberikan sumbangsih pemikiran untuk Banten dan masukan untuk Gubernur, serta tidak ada kata lain yang lebih indah selain ucapan ‘Selamat jalan dan semoga sukses ditempat yang baru kepada Teddy Minahasa, dan selamat datang kepada Tomsi Tohir sebagai Kapolda yang baru’, dan saya yakin beliau dapat menyesuaikan diri serta semoga apa yang dirintis Kapolda sebelumnya tetap diteruskan,"ujar Gubernur.

Brigjen Pol Teddy Minahasa mengatakan bahwa seratus hari memang waktu yang singkat, tetapi hitungan singkat itu bukan menjadi acuan konteks silahturahmi. Ia ingin agar dalam waktu yang singkat itu bisa bersinergi secara berkualitas. Begitupun dalam hubungan kerjasama yang dibangun selama ini dengan berbagai stakeholder. Oleh karena itu, secara pribadi dan kesatuan maupun keluarga, Ia mengucapkan terima kasih dan apresiasi setulus-tulusnya atas kerjasama, dukungan serta atas kebersamaan yang harmoni selama ini dalam mewujudkan keamanan untuk kepentingan masyarakat di Provinsi Banten.

“Dukungan dan kerjasama yang baik, situasi kebersamaan yang harmoni juga ditularkan kepada Kapolda yang baru. Dengan berbekal segudang pengalaman dan sederet prestasi yang dimiliki Tomsi Tohir, saya percaya mampu melaksanakan dan mengemban tugas jauh lebih baik untuk mengembangkan Provinsi Banten menjadi jauh lebih aman, terutama menjelang Pileg dan Pilpres 2019,"imbuh Teddy.

Sementara itu, Kapolda Banten yang baru Brigjen Pol Tomsi Tohir meminta dukungan agar kerjasama yang sudah terjalin dengan baik dapat terus dilanjutkan.

“Karena tantangan yang dihadapi kedepan menjadi lebih besar dan berat lagi dengan adanya pemilu, tentunya dukungan berbagai pihak saat ini sangat diperlukan,"tutur Tomsi