Press Realease

Gubernur Apresiasi Bupati dan Forkompinda

Photo Name

Menanggapi apresiasi dari Pemerintah Pusat soal penanganan bencana tsunami di Banten beberapa waktu yang lalu, Gubernur Banten Wahidin Halim juga menyampaikan apresiasinya dan  menyampaikan ucapan terima kasih kepada para Bupati/Walikota se-Banten, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah  (Forkominda), TNI/Polri, relawan dan semua komponen masyarakat Banten atas penanganan Bencana Tsunami Selat Sunda akhir tahun lalu.

 

Gubernur mengatakan bahwa penanganan bencana di Banten berjalan lancar. “Ini berkat kerja keras semua. Saya sampaikan ucapan terima kasih  BupatiWalikota se-Banten, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah  (Forkominda), TNI/Polri, relawan dan semua komponen masyarakat Banten,” ujar Gubernur,Kamis (28/03/2019), sesaat setelah penutupan Rapat Kerja (Raker) Forum Kerja Sama Daerah Mitra Praja Utama (FKD)-MPU  XIX bertempat di Hotel Trans Luxury, Bandung, Jawa Barat. 

 

Hal ini membuktikan, lanjut Gubernur, jika apa yang menjadi amanah Mendagri pada saat Raker kemarin dapat diterapkan di Provinsi Banten. Ketika ada satu daerah yang terkena bencana, seluruh pemerintah daerah di Provinsi Banten  serta merta membantu wilayah yang terkena dampak bencana. Karena, dalam amanat Mendagri, salah satu yang menjadi perhatian pusat adalah adanya jalinan dan kolaborasi antar daerah di Indonesia terutama dalam hal penanganan bencana yang kerap terjadi di Indonesia dan memiliki potensi dampak yang cukup tinggi. 

 

"Bagi saya kerjasama dan soliditas baik koordinasi antara TNI, Polri, BNPB, Basarnas dan pemerintah harus komitmen. Baik itu penganggaran, kesiapan personil dan lainnya. Jadi jika terjadi musibah kita bisa cepat menanggulangi,” kata Gubernur.

 

Sebagai daerah yang pernah mengalami bencana tsunami, ujarnya, Banten tentunya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penanganan pasca bencana, khususnya pemerintah pusat dan masyarakat dan lembaga serta unsur lainnya yang turut membantu dengan begitu kooperatif.

 

“Dukungan pusat luar biasa, begitu juga, pemeritah daerah, masyarakat, semua lembaga turun bersama-sama dengan pemda bahu membahu. Jadi itu salah satu respon yang menurut saya sangat baik dan luar biasa, semua saling membantu,” ucapnya.

 

Gubernur menjelaskan, penanganan bencana Tsunami beberapa waktu yang lalu di Banten, ia pimpin langsung ke lokasi kejadian dari sejak hari pertama. Demikian pula Bupati Pandeglang dan Bupati Serang, yang wilayahnya terkena dampak bencana. Selain itu, Bupati/Walikota di Banten lainnya turut memberikan bantuan. “Ini adalah salah satu bukti hadirnya Pemerintah yang berada di sekitar korban yang terkena bencana,” katanya.

 

Sebelumnya,  Pemerintah Pusat mengapresiasi Gubernur Banten Wahidin Halim atas kesigapan Pemerintah Provinsi Banten dalam penangangan peristiwa bencana Tsunami yang terjadi di Banten akhir tahun lalu.  Apresiasi Pemerintah Pusat ini disampaikan Menteri Dalam Negeri saat membuka yang berlangsung sejak hari Selasa - Kamis (26-28/3/19). (PRESS RELEASE HUMAS PEMPROV BANTEN)