News and Events

Grand Opening Gerai Samsat Tangerang City Mall Gubernur Banten Wahidin Halim: Memudahkan Pelayanan Kepada Masyarakat Wajib Pajak

WhatsApp Image 2019-01-25 at 21.22.29

"Setiap tahun pendapatan kita naik dan setiap tahun pula APBD kita juga naik. Berkat hasil kinerja Bapenda Provinsi Banten," ungkap Gubernur Banten Wahidin Halim, saat menghadiri Grand Opening Gerai Samsat Tangerang City Mall Kota Tangerang. Kamis (24/1/2019)

Menurut Gubernur Banten, dibukanya gerai Samsat di lokasi yang cukup representatif dan modern ini agar memudahkan pelayanan kepada masyarakat wajib pajak. Hal ini harus ada kerjasama dengan pihak Kepolisian Republik Indonesia. Jangan terlalu dikontroversialkan, apakah ini masuk wilayah hukum adminitrasi pelayanan Polda Metro Jaya atau wilayah hukum Polda Banten.

"Nanti hari Senin, saya minta pemetaan ulang mengenai wilayah pelayanan. Apakah wilayah pelayanan berdasarkan wilayah hukum administrasi? Nantinya akan dibahas lebih dalam agar tidak terjadi kerancuan atas wilayah pelayanan dan target-target masing-masing UPT," ungkap Gubernur Banten.

"Yang paling penting adalah, kita dapat melakukan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat wajib pajak. Potensi sumber pendapatan pajak kita masih cukup besar yang masih belum gali betul-betul atau dimaksimalkan," tegasnya.

Gubernur Banten berharap, masyarakat yang berdomisili di Banten tetapi bekerja di Jakarta, membayar pajaknya juga Banten.

"Seluruh mobil yang berada di Banten bayar pajaknya di Banten. Jangan sampai mereka aktivitas di Jakarta, bayar pajak di Jakarta. Tetapi begitu pulang menuntut pelayanan dari kita. Kita akan menyediakan fasilitas pelayanan yang baik kalau mereka pajaknya di sini," ungkap Gubernur Banten Wahidin Halim.

"Seperti yang telah saya sampaikan kepada Presiden bahwa Jakarta itu sebaiknya memfasilitasi aktivitas orang Jakarta yang berdomisili di Banten. Hal ini kedepannya harus kita bangun dengan Pemerintah Jakarta termasuk dengan kepolisiannya," tuturnya.

Gubernur Banten mengingatkan Pemerintah Kota Tangerang agar ikut membantu meningkatkan pendapatan dari sektor  pajak. Gubernur Banten juga berharap kepada Polda Banten untuk turut mengawasi serta kerjasamanya dalam pelaksanaan pelayanan pajak kepada masyarakat wajib pajak.

Dengan dibukanya gerai ini bisa meningkatkan pelayanan dan pendapatan pajak bagi UPT Tangerang khususnya, umumnya bagi Pemerintah Provinsi Banten.

Ucapan terimakasih Gubernur kepada Direktur TangCity Mall Bapak Eka Saputra atas disediakan tempat tanpa dipungut biaya sewa (gratis) untuk gerai Samsat ini.

"Memang dari sejak dulu dedikasi Bapak Eka bersama orangtuanya bagi Pemerintah Banten sangat luar biasa," ungkap Gubernur Banten.

Kepala Bapenda Pemprov Banten Opar Sohari mengatakan, gerai TangCity Mall ini merupakan gerai yang ke 45, yang ada di Provinsi Banten. Tujuan dibuka gerai ini untuk mendekatkan pelayanan secara fisik kepada masyarakat wajib pajak. Sekarang ini Bapenda Provinsi Banten tahun ke tahun dituntut selalu meningkatkan pelayanan, dan paling penting bagaimana meningkatkan pendapatan untuk pembangunan di Provinsi Banten.

"Tahun 2019 ini sangat signifikan untuk peningkatan pendapatan sampai 14,8% atau Rp.11,86 triliun. Terutama dari Pendapatan Kendaraan Bermotor yang sangat luar biasa," jelas Opar

Turut hadir dalam Grand Opening Gerai Samsat Tangerang City Mall:  Ditlantas Metrojaya (perwakilan), Jasaraharja Provinsi Banten, Direktur TangCity Mall, Bapenda Pemerintah Provinsi Banten, UPT Bapenda Kota Tangerang.