Normalisasi Kanal Banten Lama Ditarget Selesai November

  • Shiyabatus Sakhowah
  • 38 Views
  • 06 Jul 2018
-

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Provinsi Banten menargetkan pelaksanaan normalisasi kanal Banten Lama akan selesai pada November 2018. Target diyakini tercapai karena pengerjaan dilakukan berdasarkan perhitungan yang matang. 

Kepala DPUPR Provinsi Banten Hadi Soeryadi mengatakan, pengerjaan revitalisasi Banten Lama yang menjadi kewenangan pemprov sudah mulai dikerjakan. Adapun pekerjaan itu terdiri atas kanal dan akses jalan menuju salah stau cagar budaya tersebut. 

“Progres kanal baru 10 persen, baru mulai karena kemarin kan puasa baru selesai lelang,” ujarnya pada Jumat (6/7/2018).

Hadi menuturkan, meski baru mulai dikerjakan pada pertengahan 2018, namun ia meyakini pengerjaannya akan selesai pada tahun yang sama. Waktu pengerjaanpun telah dihitung dan dinilai memungkinkan, sehingga proses pengerjaan pun mulai dilakukan.

“Target tiga bulan ke depan selesai lah, Insya Allah. Kita hitung bulannya, ya sudah (pengerjaan dimulai). November selesai,” katanya. 

Dalam penataan kawasan Banten Lama, kata dia, selain menormalisasi kanal, pihaknya pun bertugas untuk membangun trotoar di jalan yang menuju kawasan wisata unggulan tersebut. “Pengerjaan kanal juga bersamaan dengan pembangunan akses jalan menuju ke Banten Lama,” jelasnya.

Sebelumnya juga diungkapkan Hadi, proyek normalisasi kanal tersebut akan menjadi proyek multiyears dengan anggaran senilai Rp 100 miliar. Rencananya, pemerintah ingin mengaktifkan kembali kanal tersebut dengan mengaliri air laut. Atau dialiri air yang bersumber dari Sungai Cibanten dan berakhir di laut. “Nanti kan biar bisa main air di situ,” ungkapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Provinsi Banten mengatakan, saat ini pihaknya sudah memasuki tahap persiapan pengerjaan. Bahkan aparat Satpol PP sudah mengawal proses relokasi PKL. “Sedang persiapan. Pokoknya 2 Desember 2018 harus sudah selesai. Kalau untuk plaza masjid 30 September 2018 sudah selesai,” ujarnya. 

Diketahui, untuk alokasi anggaran revitalisasi Banten Lama, alokasi yang dianggarkan di DPRKP sekitar Rp 100 miliar.