Lusa, Perpusda Banten Kembali Pinjamkan Buku

  • Shiyabatus Sakhowah
  • 31 Views
  • 02 Jul 2018
-

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten sejak 21 Juni sampai dengan 4 Juli mendatang sedang melakukan stock opname. Selama proses ini pengunjung tidak bisa meminjam buku bahkan membaca buku. 

Pustakawan Pertama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten Chairunnisa mengatakan bahwa selama stock opname petugas merapikan buku yang ada di rak buku bahkan melakukan fumigasi selama 29 Juni sampai 1 Juli. Selama proses fumigasi petugas akan memberikan obat kimia khusus di ruangan buku yang berfungsi mencegah jamur pada buku. Selama proses itu ruangan perpustakaan akan ditutup rapat serta tidak boleh ada yang masuk ke dalamnya. 

“Selama proses pengunjung hanya bisa mengembalikan buku atau main internet,” kata Nisa, Selasa (2/7/2018). 

Ia mengatakan bahwa petugas juga akan mendata ulang buku yang ada, memeriksa kondisi fisiknya, merapikan kembali, dan memasukkan buku-buku baru. Terdapat 3.000 buku baru yang akan dimasukkan dan menambah jumlah koleksi buku yang dimiliki Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten. 

Selama proses stock opname yang dapat dilakukan oleh pengunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Banten hanyalah menggunakan internet yang ruangannya berbeda dengan ruang perpustakaan. Proses stock opname dilakukan dua kali dalam satu tahun.

Sebelumnya Andri Nugraha, Pustakawan DPK Provinsi Banten, mengatakan bahwa setiap satu buku memiliki satu barcode. Dengan melakukan pemeriksaan selama stock opname ini maka akan diketahui sebuah buku apakah masih dalam kondisi baik, rusak, atau masih dipinjam.