THR Anda Kena Potongan Pajak? Ini Besarannya!

  • Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah
  • 341 Views
  • 14 Jun 2017
-

BANTEN, BPKAD - Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) Kementerian Keuangan menekankan akan tetap mengenakan pajak untuk Tunjangan Hari Raya (THR) sesuai dengan pajak penghasilan (PPh) pasal 21.

"Sesuai dengan mekanisme yang ada. PPh pasal 21," ungkap Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi di Gedung DPR RI, Jakarta.

Menurutnya, penetapan pajak ini tak akan dikenakan bagi semua pegawai. Namun hanya untuk pegawai atau karyawan yang bergaji diatas Rp4,5 juta per bulan dan itu juga hanya selisih dari penetapan maksimal penetapan potongan pajak.

"Misalnya gaji Anda Rp5 juta. Batasan PTKP itu kan Rp4,5 juta. Yang dikenakan Rp500 ribu. Jadi bukan semuanya, tapi selisihnya," tukasnya.

Sementara itu, Dirjen Anggaran Kementerian Keuangan Askolani mengatakan, memang selama ini THR dan juga gaji ke 13 sudah dikenakan potongan pajak sesuai dengan PPh pasal 21. Namun, ia menekankan belum ada pembahasan mengenai kenaikan THR karena THR sesuai dengan gaji masing-masing per bulannya.

"Sudah, selama ini PNS sudah diptong pajak sesuai dengan PPh 21. Biasanya THR naik kalau gaji pokok naik, sama pensiun pokok naik, kan itu menentukan baseline-nya," tukasnya. (PPID/sumber:okezone.com)