Gaji Sesuai UMK Berlaku untuk Guru Honor di SMA Banten

-

SERANG – Gaji honorer sesuai UMK rencananya tidak hanya untuk honorer yang bekerja di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten saja, juga untuk guru honor di SMA/SMK di Provinsi Banten.

Pernyataan tersebut diungkapkan Gubernur Banten Wahidin Halim saat dijumpai awak media setelah salat Jumat di Masjid Raya Al Bantani, KP3B, Curug, Kota Serang, Jumat (9/6).

“Yang ditandatangani honornya oleh Pak Gubernur, kita validasi dulu data honor yang guru ada berapa, tetep mereka juga harus di perhatiin,” ujar WH.

Sedangkan honorer yang mendapatkan SK dari Bupati, Walikota, atau dari kepala sekolah sebelum dialihkan ke Provinsi Banten kewenangan pengelolaannya akan dibahas terlebih dahulu dengan masing-masing kepala daerah. “Kita lihat, penyelesaianyan dengan bupati, tapi nanti kita pelajari dulu,” katanya.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Banten Opar Sohari menjelaskan, Pemprov Banten akan melihat kondisi pegawai serta keuangan Pemprov Banten terlebih dahulu.

“Kalau soal kemampuan anggaran lebih jelasnya tanya TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah). Tapi kalau keinginan Gubernur, yah harus dilakukan,” ujar Opar.

Jumlah honorer di lingkungan Pemprov Banten saat ini sebanyak 6300 orang. Jumlah teresebut belum termasuk jumlah tenaga kependidikan dan guru honorer di SMA/SMK se Provinsi Banten yang saat ini kewenangannya berada di tangan Pemprov Banten.

Jika mengacu pada UMK Kota Serang, maka gaji honorer berada di kisaran Rp 2,8 juta per bulan. “Rp 2,8 juta kelihatannya gak besar, tapi kita lihat dikalikannya berapa ribu, itu belum termasuk masyarakat SMA SMK,” ujar Opar. (Bayu Mulyana/coffeandchococake@gmail.com)