Momentum Pesona Ramadhan Banten Kenalkan Branding Pesona Indonesia

-

Dalam rangka mengenalkan beragam destinasi dan produk unggulan Banten, event perdana yang digagas oleh Dinas Pariwisata Provinsi bersinergi dengan Asosiasi Industri Kreatif dan Pelaku Usaha ( ASIPA) Banten dalan acara Pesona Ramadhan Banten dijadikan sebagai momentum mengenalkan Branding Pesona Indonesia kepada para pengunjung.

Asisten Deputi Strategi Pemasaran Pariwisata Indonesia Nusantara Kemenpar Ri Hariyanto menjelaskan, pemerintah pusat dengan branding Pesona Indonesia merupakan bentuk komitmen untuk mempromosikan pariwisata secara menyeluruh kepada setiap wilayah termasuk Banten yang memiliki potensi pariwisata.

"Pesona Indonesia merupakan brand bangsa dan citra positif di tataran nasional sedangkan tataran internasional dengan branding Wonderful Indonesia," katanya saat menyampaikan sambutan dalam acara Rangkaian Pesona Ramadhan Banten Sosialisasi Branding Pesona Indonesia di Halaman Masjid Raya Al-Bantani, Curug, KP3B, Kota Serang (13/6).

Dikatakan Hariyanti, Kemenpar berkewajiban mensosialisasikan branding pesona indonesia dan wonderful indonesia kepada masyarakat yang dinilai akan mengangkat potensi destinasi yang dimiliki disetiap daerah dengan berbagai keunggulannya.

"Kita mensosialisasikan tatat cara penggunaan branding pesona indonesia agar bisa diterapkan pada semua aktifitas pariwisata. Terkait filosofinya pun akan kita jelaskan tinggal dibutuhkan kekuatan untuk mempublikasikannya melalui komunitas Genpi Indonesia, media, dan semua yang tergerak untuk mengangkat dunia wisata," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengatakan, Banten memiliki banyak jenis wisata diantaranya wisata bahari, ekowisata, wisata minat khusus, ekowisata, industri dan lainnya yang dapat dikembangkan secara baik. Terkait branding, Banten memiliki 7 wonders yang menjadi perekat atau magnet bagi wisata lainnya di Banten.

"Kemenpar giat mempromosikan sekaligus menjadikan indonesia sebagai destinasi terbaik dunia salah satunya melalui Branding Pesona Indonesia dan Wonderful Indonesia. Banten sebagai bagian dari Indonesia tentunya akan ikut serta dalam mewujudkan program pemrintah pusat dalam mengenalkan kekayaan Indonesia," ujarnya.

Ia menambahkan, Branding Pesona Indonesia merupakan komitmen, loyalitas, dan komunikasi wisata kepada masyarakat dengan memaknai arti branding yang dapat memiliki nilai tersendiri. Dalam kesempatan tersebut, pelaku industri pariwisata juga bisa membrandding produk yg akan diciptakan.

"Mari kita branding kekayaan Banten agar menjadi unggulan dstinasi dunia" jelas Eneng.

Diketahui, Rangkaian Pesona Ramadhan Banten yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi Banten bekerjasama degan Asipa Banten dengan menampilkan produk dan ekraft dari Asipa kabupaten/kota se Banten dengan rangkaian acara lomba kreasi, demo masak bebek dari ICA (Indonesia Chef Association), lomba design batik daerah dan kreasi lomba lainnya yang mengangkat nilai wisata Banten. []