Pembinaan LPTQ se-Banten Dinilai Berhasil

-

SERANG – Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) Provinsi Banten menilai pembinaan yang dilakukan oleh LPTQ kabupaten/kota se-Provinsi Banten terhadap bibit qori-qoriah dan hafidz- hafidzah di daerahnya dinilai berhasil. Hal ini dilihat dari kekuatan kafilah di seluruh cabang pada perlehatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XIV tahun 2017 ini merata. Sebagaimana diketahui, daerah paling dominan di setiap cabang itu adalah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kabupaten Serang.  

Ketua Harian LPTQ Provinsi Banten Syibli Sardjaya mengungkapkan,  pada MTQ Provinsi Banten tahun ini, terlihat tidak ada kabupaten/kota yang dominan menguasai cabang lomba. Jumlah juara di semua cabang lomba merata, bahkan perbedaan nilai antara juara pertama, kedua dan ketiga pun tidak terpaut jauh.  

“Apresiasi  patut kita berikan setinggi-tingginya kepada LPTQ kabupaten/kota se-Provinsi Banten yang sudah membuktikan bahwa pembinaan yang mereka lakukan itu berhasil,”ujar Syibli usai menghadiri Rapat Pleno Dewan Hakim di Ballroom Hotel Marbella, Anyer, Kabupaten Serang, Jum’at, (21/4/2017). 

Syibli menjelaskan, contoh kemajuan yang cukup signifikan pada tahun ini ditunjukkan oleh Kabupaten Pandeglang, yang pada perhelatan MTQ sebelumnya hanya menjadi juru kunci.  Begitupun dengan Kabupaten Lebak yang pada MTQ kali ini juga mengalami kemajuan yang sama signifikannya dengan Kabupaten Pandeglang.

 “Kami juga sangat mengapresiasi dukungan dan perhatian yang dilakukan pemerintah daerah terhadap pembinaan qori-qoriah dan hafidz-hafidzah,”ujarnya. 

Selain itu, lanjut Syibli, para juara MTQ yang mengalami kemajuan merata hampir di setiap cabang lomba ini juga berkat diberlakukannya e-MTQ, yang mulai diberlakukan pada MTQ XIV tahun 2017 ini.  Hadirnya e-MTQ bertujuan untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan lomba.

 “Di mana melalui e-MTQ ini semua pendaftaran peserta MTQ dilakukan melalui online, mulai dari pendaftaran, verifikasi, masa sanggah dan penetapan peserta, serta yang terakhir lomba MTQ nya,”jelas Syibli. 

Syibli menambahkan, pada tahun ini ada lima kabupaten/kota di Banten berpeluang untuk meraih juara umum pada pelaksanaan MTQ XIV tingkat Provinsi Banten. Ke lima kabupaten/kota yang berpeluang untuk menjadi juara umum tersebut adalah Kota Tangsel, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Pandeglang. Meski demikian, pengumuman juara umum baru akan dilaksanakan pada saat penutupan di mimbar utama halaman Hotel Marbella Anyer, Kabupaten Serang, Jumat, (21/4/2017) malam ini.

 “Tadi dewan hakim sudah mepaparkan nilai tertinggi setiap cabang lomba dan golongan saat rapat pleno penetapan juara. Namun panita dan dewan hakim sepakat, pengumuman juara akan dilakukan pada malam penutupan.”tegasnya.