Email Bantenprov untuk Percepat Urusan Dinas

-

SERANG-Guna mempercepat komunikasi berkaitan dengan urusan kedinasan antar organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Banten, Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten membuat sistem email terintegrasi melalui email bantenprov.go.id. Email yang harus dimiliki seluruh pegawai aktif Pemprov Banten dan OPD untuk memperoleh informasi urusan kedinasan yang lebih efisien, cepat dan tidak lagi menggunakan banyak kertas (paperless).

Demikian disampaikan Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten Komari saat memberi sambutan sekaligus membuka kegiatan bimbingan teknis email bantenprov.go.id di auditorium Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Banten, KP3B, Curug, Kota Serang pada Rabu (8/3/2017) kemarin. Komari menegaskan, salah satu tujuan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi adalah untuk mempermudah pekerjaan yang sebelumnya membutuhkan waktu dan proses yang rumit untuk dilakukan. Keberadaan email terintegrasi menjadi salah satu upaya pemerintah mendukung percepatan pembangunan melalui percepatan komunikasi dan koordinasi.

“Selama ini kan persoalan surat menyurat di pemerintahan ini dilakukan secara konvensional, disampaikan secara langsung mendatangi kantor OPD yang bersangkutan. Nah dengan adanya email terintegrasi ini, seluruh pegawai di seluruh OPD bisa mendapatkan informasi yang harus diterimanya secara langsung dan mudah melalui email yang bisa diakses dari smartphone-nya,”ungkap Komari

Melalui bimtek ini, lanjut Komari, peserta dari seluruh OPD di lingkungan Pemprov Banten ini akan diberikan edukasi mengenai penggunaan surat elektronik (email) resmi pemerintahan untuk kegiatan kedinasan. Selain itu, email resmi ini juga menawarkan kemudahan kepada seluruh penggunanya untuk secara berkala memantau email masuk melalui perangkat gadget, seperti ponsel atau tablet dengan mudah melalui fasilitas push mail selayaknya email komersial yang sebelumnya sudah ada. Ia juga mengharapkan, melalui bimtek ini akan terbangun komitmen bersama seluruh OPD agar dapat memanfaatkan akun email resmi pemerintah, sehingga terwujud birokrasi modern dengan komunikasi yang cepat, efektif, efisien, dan aman.

“Selain itu saya juga mengimbau kepada seluruh OPD untuk mempublikasikan alamat email resminya kepada masyarakat luas sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alternatif saluran komunikasi layanan publik dalam kaitannya dengan keterbukaan informasi publik. Paling tidak, setiap opd hendaknya menyantumkan alamat email resminya di kop surat dan laman website OPD masing-masing. Sehingga masyarakat dapat lebih mudah mengetahuinya dan dapat memanfaatkan sarana email resmi untuk berkomunikasi dengan masyarakat umum khususnya masyarakat Banten,”paparnya.

Praktisi dari Cyberion Multimedia Muhammad Utsman menjelaskan, email Bantenprov.go.id (https://mail.bantenprov.go.id) merupakan email resmi Provinsi Banten untuk semua pegawai negeri sipil yang dikelola Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian  Provinsi Banten. Mail Bantenprov.go.id berada dalam Server Cloud Computing yang berada di data center Gedung Cyber Jakarta yang dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian  Provinsi Banten.

“Caranya, masukan username dan password email pegawai untuk masuk kedalam mail Bantenprov.go.id. Pastikan ASN itu sudah benar memasukkan username dan password. Setelah itu Klik tombol Sign In untuk masuk ke halaman mail pribadinya,”ujar Utsman

Utsman juga menjelaskan, sesuai dengan surat edaran dari Menteri PAN-RB nomor 06 tahun 2013 bahwa seluruh PNS wajib menggunakan email resmi pada instansi pemerintah (@bantenprov.go.id). email ini penting karena seluruh aplikasi yang dibangun Pemprov Banten akan menggunakan email sebagai akses masuk atau log in. Sehingga, apabila pegawai Pemprov Banten tidak atau belum memiliki email resmi ini, dipastikan tidak dapat menggunakan aplikasi yang dibangun Pemprov Banten.

“Sementara, pelaksana atau operator dari aplikasi yang kita bangun itu adalah para PNS. Bagi seluruh PNS yang belum mendapatkan password, bisa mengajukan reset password dengan mengirimkan data NIP, nama, nomor telefon, yang nantinya password baru akan dikirimkan via SMS dari telefon selular masing-masing pegawai.”tukas Utsman.