Wagub Apresiasi Kendaraan Inovasi Anak Negeri di GIIAS 2018

  • Shiyabatus Sakhowah
  • 16 Views
  • 06 Aug 2018
-

Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy menyempatkan diri untuk menyambangi pameran otomotif berkelas internasional GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) 2018 yang digelar di International Convention Exhibition (ICE) Serpong, Tangerang Selatan, Senin (6/8/2018) malam. Wagub tiba di lokasi pameran sekitar pukul 19.00 dengan mengenakan busana kasual berupa kemeja kotak-kotak dipadu dengan celana jeans dan sepatu kets.

Wagub singgah di stand Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten dan mendapatkan penjelasan terkait diselenggarakannya event pameran otomotif international di wilayah Banten untuk kesekian kalinya ini dari para pejabat Bapenda yang berada di stand. Setelahnya, Wagub mengelilingi arena pameran didampingi sejumlah pejabat dan staf Bapenda Provinsi Banten yang tengah bertugas pada arena pameran tersebut.

Wagub mengungkapkan apresiasi serta ketertarikannya terhadap salah satu inovasi anak negeri yaitu kendaraan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDES) dengan merek KMW Produksi PT Kiat Mahesa Wintor yang resmi diluncurkan pada pembukaan GIIAS 2018 oleh Presiden Joko Widodo. Setelah dilakukan serangkaian uji coba dan pengembangan, Ammdes telah memasuki tahapan produksi massal.

“Saya sangat tertarik dengan angkutan desa ini, karena saya pikir relevan dengan Banten yang demografinya kan masih banyak pedesaan. Sepintas sih, saya kira cocok sekali kendaraan angkutan desa tipe seperti ini untuk pedesaan di Banten, nanti saya akan pelajari terlebih dulu bersama dinas terkait,” ujar Wagub.

Wagub menyatakan, saat ini sedang menaruh perhatian khusus dalam melakukan pemberdayaan desa-desa di Banten dengan menggenjot perekonomian desa. Wagub mengungkapkan bahwa hal ini akan membuat desa menjadi pusat pereonomian warga sehingga persoalan kesejahteraan warga desa yang selama ini identik dengan ekonomi lemah dapat segera teratasi.

“Selama ini kalau kita bicara perekonomian, mindset kita sudah terlanjur menuju ke kota, angkatan kerja di industri dan seterusnya. Padahal desa menyimpan potensi ekonomi mulai dari pertanian hingga pariwisata yang sekarang tengah tren,” ujar Wagub.

Wagub mengungkapkan diselenggarakannya pameran GIIAS dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk menjaring pajak kendaraan bermotor warga Banten sekaligus memperkenalkan Program Penghapusan Denda pajak Kendaraan Bermotor (PKB), BEA Balik Nama Kendaraan Bermoto (BBNKB II) dan Penghapusan Denda SWDKLLJ tahun lalu yang berlaku mulai 1 Agustus hingga 31 Oktober 2018.