Gubernur Berharap Seluruh Kabupaten Kota Masuk Wilayah Hukum Polda Banten

-
SERANG – Gubernur Banten Wahidin Halim berharap semua kabupaten kota yang ada di Provinsi Banten masuk dalam wilayah hukum Polda Banten. Hal tersebut mengingat sejumlah polres di wilayah Tangerang masih berada di bawah naungan Polda Metro Jaya.
“Itu kan kewenangannya kapolri, mungkin ada pertimbangannya. Tapi kita berharap tidak ada lagi polres di bawah Polda Metro Jaya, harus menjadi satu di bawah Polda Banten, tapi kita menyerahkan sepenuhnya pada kebijakan Polri,” ujar WH kepada awak media setelah menghadiri acara syukuran hari Bhayangkara ke-71 di Mapolda Banten, Rabu (5/7/2017).
Sementara ini, menurut WH pemprov Banten hanya bisa menunggu karena yang bisa menilai hanya Kapolri. Namun apapun keputusan Kapolri menurut WH Pemprov Banten akan tetap mendukung.
Sementara itu, Kapolda Banten Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjelaskan, beberapa waktu lalu Polda Banten, Polda Metro Jaya dan Polri telah melakukan pembahasan dalam rapat koordinasi di Mabes Polri.
“Jadi mungkin langkah awal 10 kecamatan yang masuk wilayah Kabupaten Tangerang diserahkan ke Banten, tahapan itu dulu, nanti akan dikaji. Mudah-mudahan adanya desakan dari sebagian masyarakat, intansi terkait, dan pemerintah diharapkan menjadi utuh,” ujar Sigit.
Keinginan seluruh Porles disatukan dalam satu wilayah hukum Polda Banten menurut Sigit agar memudahkan pelayanan intansi kepolisian terhadap masyarakat yang ada di Provinsi Banten.
“Ada keinginan-keinginan, tapi secara bertahap, kita kan sifatnya memberikan pelayanan,” ujar Sigit