Pj Gubernur: MTQ Sebagai Upaya Entaskan Buta Aksara Al-Qur’an

-

SERANG – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XIV Provinsi Banten di Kecamatan Anyar, Kabupaten Serang, yang digelar pada 17 – 21 April 2017 dibuka oleh Pj Gubernur Banten Nata Irawan. Pembukaan berlangsung di panggung utama MTQ di Hotel Marbella, Senin (17/4) malam, yang dihadiri ribuan masyarakat Banten.

Penjabat Gubernur Banten Nata Irawan dalam sambutannya mengungkapkan, mengentaskan buta aksara Alquran di masyarakat menjadi tantangan bagi Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) beserta pemerintah daerah. Oleh karena itu, diselenggarakannya MTQ menjadi salah satu upaya pengentasan buta aksara Al-Qur’an di Provinsi Banten. Sehingga menurutnya, kesuksesan MTQ tidak akan ada artinya jika pasca berlangsungnya MTQ ini tidak membawa manfaat bagi masyarakat. Khususnya mengenai penyebaran pendidikan Alquran.

“MTQ selain ajang mencari bibit baru qoriah, hafidzah, dan berbagai cabang lainnya tapi juga sebagai wahana untuk mengamalkan dan menyebarkan nilai-nilai Alquran. Jangan sampai hanya menjadi event organizer saja,”ungkap Nata

Nata mengungkapkan, Provinsi Banten yang meraih juara umum di perhelatan MTQ tingkat nasional ke-26 tahun lalu, menjadi tantangan berat bagi panitia MTQ XIV tingkat Provinsi Banten kali ini. Terutama pada MTQ nasional yang akan berlangsung di Kalimantan Utara nanti. Ia mengapresiasi pihak panitia dan LPTQ Provinsi Banten yang telah menyelenggaran MTQ XIV itu dengan baik.

 “Kepada para peserta yang mengikuti lomba MTQ dari kabupaten dan kota selamat berkompetisi dengan sportif,” ujarnya

Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah selaku tuan rumah mengatakan, sebagai ajang pencarian para juara untuk mewakili MTQ tingkat nasional, gelaran MTQ juga sebagai wahana untuk menyebarkan syiar Islam ditengah derasnya arus modernisasi saat ini.

“Bukan hanya itu saja. Tapi momen ini juga agar masyarakat dapat lebih mengenal Pantai Anyar yang merupakan daerah wisata unggulan di Kabupaten Serang. Saya berharap yang datang di acara ini dapat menyukai keindahan Pantai Anyar dan kemudian dapat mengajak handai taulannya untuk datang,” kata Tatu.