Wagub Andika Lepas 2.000 Peserta Mudik Gratis Pemprov Banten

-

SERANG - Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy melepas dua ribuan warga yang saat ini tinggal di Banten untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing. Dengan didampingi Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah dan Danrem 064/MY Kolonl Inf Ito Hedrianto,  warga yang mudik ke beberapa wilayah di Jawa dan Sumatera diangkut menggunakan sekitar 40 bus.

 

“Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahim, saya lepas peserta Mudik Gratis Bersama Pemprov Banten Tahun 2017,” kata Andika di Halaman Masjid Al-Bantani, KP3B, Kota Serang, Kamis (22/06/2017).

 

Andika memberikan apresiasi kepada warganya yang memilih mudik menggunakan bus. Karena dengan begitu, setidaknya bisa mengurangi angka kecelakaan pada saat arus mudik terutama pengguna kendaraan bermotor.

 

Dalam program (mudik gratis) ini, tentunya komitmen Pemprov Banten dalam kaitan memberikan kemudahan kepada masyarakat dan meungurangi angka kecelakaan pada saat arus mudik serta dapat mengurangi volume kendaraan bermotor,” kata Andika.

 

Wagub Andika berharap semua warga yang ikut mudik gratis ini selamat sampai tujuannya masing-masing.


“Kalau hari ini hanya 2.000, Insya Allah tahun depan bias 4.000 atau 5.000 pemudik gratis. Mudah-mudahan dalam perjalanan mudik hari ini dapat perlindungan dari Allah SWT, semoga selamat sampai tujuan dan dapat berkumpul dengan keluarga dan para kerabat,” ucapnya.

 

Kemacetan lalu lintas, dan buruknya infrastruktur jalan kata Andika, menjadi salah satu permasalahan klasik saat musim Lebaran. Oleh karena itu, pihaknya berkomitmen akan melakukan perbaikan pelayanan kepada para pemudik.

 

“Pemprov Banten memiliki komitmen dalam penguatan pembangunan infrastruktur jalan untuk menunjang proses mudik di banten. Kita juga telah membuat pos-pos pelayanan pada jalur-jalur mudik dan lebaran pada moment ini, termasuk melengkapi rambu-rambu lalu lintasnya,” tuturnya.


“Kedepan warga banten dan warga daerah lainnya  mendapatkan kenyamaan pada saat mudik tersebut, tahap demi tahap kita perbaiki,” sambung Andika.


Kepala Dinas Perhubungan Pemprov Banten Revri Aroes menjelaskan, untuk melaksanakan program tersebut, Pemerintah Provinsi Banten menyiapkan 40 angkutan bus AC untuk penyelenggaraan program mudik lebaran gratis dengan tujuan 11 kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

Sedangkan kota tujuan mudik gratis tersebut ada 9 kota di pulau Jawa yaitu Tasikmalaya, Cirebon, Tegal, Purwokerto, Magelang, Semarang, Solo, Yogyakarta dan Madiun. Sementara 9 kota di pulau sumatera yaitu Lampung dan Palembang.

 

“Sebelum berangkat, kami telah melakukan pengecekan fisik kendaraan dan kelaikan kendaraanya. Pengemudinya juga telah dites urin oleh BNN dan panitia mudik gratis,” jelasnya.

 

Tradeni (45) Salah seorang peserta mudik gratis tujuan Palembang mengatakan, program mudik gratis yang diselenggarakan Pemprov Banten sangat membantu keluarga terutama meringankan ongkos perjalanan mudik ke kampung halaman. Karena menurutnya harga tiket Bus AC saat ini sudah mencapai Rp.700 ribu per orang.

 

“Lumayan menghemat biaya, saya sudah 2 tahun ikut program ini di Pemprov. Mudah-mudahan tahun depan kuotanya bisa ditambah,” ucap Trideni buruh pabrik di wilayah Cimone Tangerang ini.