Dishub Lakukan Tes Kelayakan Mobil Angkutan Umum Mudik

-

SERANG - Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten dibantu aparat kepolisian melakukan tes kelayakan mobil angkutan umum yang akan beroperasi selama arus mudik tahun ini di terminal Pakupatan,Kota Serang pada Kamis (22/6/2017).

 

Kepala Dishub Provinsi Banten Revri Aroes menjelaskan, tes tersebut dilakukan untuk memastikan kondisi mobil yang akan beroperasi mengantarkan para pemudik ke kampung halamannya masing-masing. 

 

Menurutnya, mobil yang akan melakukam perjalanan jauh harus dalam kondisi baik. Sistem pengereman, mesin, tekanan angin ban, semuanya harus dalam kondisi layak dan sesuai standar. 

 

"Sudah kita cek,  kalau ada yang tidak layak,  tidak boleh beroperasi," ujar Revri

Selain melakukan tes kelayakan kepada mobil angkutan umum,  bekerja sama dengan Dinas Kesehatan dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Banten,  para supir angkutan umum tersebut menjalani tes kesehatan, alkohol dan narkoba. 

 

Para supir dipastikan dalam kondisi sehat,  tidak sedang berada di bawah pengaruh alkohol,  dan tidak menkonsumsi narkoba.  

 

Supir dan kendaraannya menurut Revri mempunyai peranan penting dalam keselamatan para pemudik tahun ini.  Menurutnya,  kecelakaan yang kerap terjadi selama ini mayoritas diakibatkan dua hal,  yaitu kondisi supir dan kendaraannya. 

 

Karena itu,  agar pemudik bisa sampai tujuan dengan selamat,  keduanya menjalani pemeriksaan secara bersamaan.