Dinsos Berikan Bantuan dan Bimteks pada Penyandang Disabilitas

-
SERANG - Dinas Sosial Provinsi Banten Bidang Rehabilitas Sosial berikan Bantuan berupa barang-barang usaha dan bimbingan teknis dan motivasi kerja bagi penyandang disabilitas di Gedung Catur, Kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, Selasa (13/6/2017).
 
Dari kegiatan tersebut, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dede Siti Eka mengatakan tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk mengembangkan, meningkatkan semangat, kesadaran dan tanggung jawab sosial serta rasa percaya diri dalam hidup di lingkungan masyarakat bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Serang.
 
"Jadi dari bimbingan ini para peserta kegiatan akan mendapatkan bantuan stimulan berupa bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) sesuai dengan minat dan jenis keterampilan yang dimiliki peserta," ujarnya.
 
Ia melanjutkan, dengan tersedianya bantuan usaha ekonomi produktif tersebut, diharapkan peserta kedepannya bisa lebih baik dan mandiri tidak lagi selalu mengharapkan bantuan dan uluran tangan orang lain.
 
"Kami ingin peserta bimbingan ini memiliki tanggung jawab sosial yang besar sehingga kegiatan ini dapat bermanfaat dan menumbuhkan kepercayaan diri serta dapat mengembangkan usahanya secara lebih baik dan bertanggung jawab,"katanya.
 
Sedangkan, menurut pelaksana penyelenggara yakni Kepala Seksi Rehabilitasi Sosial Nandang Gunawan, untuk peserta kegiatan ini berjumlah sebanyak 15 orang yang berasal dari Kabupaten Serang, masing-masing peserta diberikan lima juta tetapi dari lima juta tersebut berupa barang usaha.
 
"Alokasi anggaran kegiatan ini dari APBD  Provinsi Banten tahun anggaran 2017, untuk hasil yang diharapkan perserta tumbuh rasa percaya diri meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan, terus berkembangnya kesadaran dan tanggung jawab sosial,  menempatkan penyandang disabilitas untuk dapat diterima dan bersosialisasi, dan penyandang masalah kesejahteraan sosial khususnya penyandang disabilitas di kabupaten Serang dapat diminimalisir," ungkapnya. 
 
Wahid, peserta yang menerima bantuan mengungkapkan rasa syukurnya atas kepedulian Dinsos Banten dan Dinsos Kabupaten Serang yang sudah peduli terhadap masyarakat yang mengalami Disabilitas dari bantuan ini juga dirinya merasa terbantu juga.
 
"Pokoknya kami banyak-banyak berterimakasih atas bantuannya harapannya dari bantuan ini kami yang memiliki kekurangan bisa hidup dengan sejahtera dan jangan sampai mengemis lagi, kita akan manfaatkan ini dengan baik." pungkasnya.