DPK Jadikan Momentum Ramadhan untuk Bangun Budaya Literasi

-
SERANG - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten memanfaatkan momentum Ramadhan untuk membangun budaya literasi bagi kalangan anak-anak. Mobil pintar dan Perpustakaan keliling (pusling) dikerahkan untuk blusukan ke 280 titik.
 
Kepala DPK Provinsi Banten Ajak Moeslim mengatakan, kegiatan mobil pintar dan pusling tersebut bertajuk filosofis mengingat umat muslim sedang berbahagia dipertemukan dengan bulan suci Ramadhan.
 
"Kita tahu bahwa Al-Quran itu turun tanggal 17 Ramadhan dan ayat pertamanya menggemborkan tentang literasi berbunyi IQRO (bacalah)," ujarnya, saat membuka taman bacaan di Kramatwatu, Kabupaten Serang, Rabu (7/6/2017).
 
Kegiatan pusling pada umumnya terlaksana pada hari-hari biasa, tapi kali ini pada event-event yang ada di bulan suci pihaknya juga selalu ikut andil untuk ikut bersinergi 
 
"Hari senin kemarin (5/6/2017,) saya juga ikut dengan Pak Wakil Gubernur (Wagub) kita hadirkan juga pusling dan Mobil pintar," ucapnya.
 
DPK Banten memiliki 5 armada mobil pusling dan 2 armada mobil pintar. Nantinya total yang akan dikunjungi 280 titik yang menjadi fokus.
 
Dari 280 titik, sekitar 43 titik regular sudah digarap, sementara untuk kegiatan tarling baru akan dilaksanakan pada minggu kedua Ramadhan.
 
"Biasanya kita sinergiskan dengan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di setiap desa," katanya.
 
Kegitan tersebut bertujuan agar masyarakat sadar betapa pentingnya membaca. "Karena lewat membaca wawasan serta khasanah intelektual bisa terbangun," ucapnya.