Gubernur Usulkan Gaji Honorer Setara UMK

-
SERANG - Dalam upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Halaman masjid Al-Bantani KP3B, Senin (5/6/2017), Gubernur Banten Wahidin Halim (WH) menyinggung terkait gaji honorer di lingkungan Pemprov Banten. Hal ini lantaran salah satu indikator kesejahteraan para honorer yang bekerja di lingkungan Pemprov Banten adalah melalui besaran gaji yang diterima oleh para honorer tersebut. 
 
WH menyadari,  kendati tugas honorer cukup besar dalam membantu kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN)  di Provinsi Banten, gaji atau honor yang diterima oleh para honorer tersebut belum sesuai dengan tugas yang mereka kerjakan. Karena itu,  WH akan berupaya menyeleraskan ketidakseimbangan tersebut. 
 
"Kita akan usulkan bagi yang honorer, bagi yang diakui pemerintah minimal harus disamakan dengan UMK. Itu juga bentuk rasa Pancasila agar kita menghargai orang lain," ujar WH. 
 
Menurut WH,  harus terbangun suasana solidaritas, empati, saling bergotong royong di lingkungan Pemprov Banten baik antar ASN, maupun antar honorer sehingga tercipta suasana yang pancasila.

Sementara itu, Koordinator honorer kategori satu (K1) Provinsi Banten Endang Suherman mengungkapkan, pegawai non ASN atau honorer tentu mengapresiasi serta menyambut baik rencana tersebut. 
 
"Semoga hal ini dapat segera terwujud dalam bentuk sebuah kebijakan konkrit yakni melakukan perubahan Pergub tentang Standar Satuan Harga Provinsi. Kami pegawai non PNS merasa sudah waktunya mendapatkan penghargaan yang layak dari Pemprov Banten, mengingat kami pun dapat berkerja serta bisa berprestasi seperti halnya PNS," papar Endang
 
Menurut Endang, honorer yakin WH sangat memahami kondisi para honorer.  Gaji non PNS Banten masih dibawah kriteria standar kehidupan yang layak.  Sehingga salah satu program prioritasnya adalah meningkatkan gaji non PNS sesuai UMK. 
 
"Dalam waktu dekat, insya Allah kami pengurus Forum Pegawai Non PNS Provinsi Banten akan melayangkan surat permohonan silaturahmi ke bapak Gubernur Banten, untuk menyampaikan visi, misi dan potensi organisasi Non PNS Banten dalam mendukung pembangunan Banten sesuai visi dan misi gubernur dan wakil gubernur," katanya. 
 
Berdasarkan data yang dihimpun Radar Banten Online,  saat ini,  gaji honorer di lingkungan Pemprov Banten sesuai ijazah honorer tersebut.  Untuk ijazah SD sederajat,  perbulannya sebesar Rp 700 ribu.  SMP sederajat sebesar Rp 750 ribu.  SMA sederajat Rp 900 ribu. D3 Rp 950 ribu.  S1 Rp 1 juta,  dan S2 Rp 1.250.000