Partisipasi Masyarakat di Pilgub Banten Capai 63,5%

-
TANGERANG – Partisipasi masyarakat pada Pilgub Banten 2017 yang lalu tercatat sebanyak 63,5 persen atau selisih 13,5 persen dari target 77 persen Daftar Pemilih Tetap (DPT) di suatu daerah. Berdasarkan keterangan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Banten, persentase partisipasi pada Pilgub Banten 2017 tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan pada Pilgub periode sebelumnya.
Komisioner KPU Provinsi Banten Syaeful Bahri mengungkapkan, kendati tidak mencapai target, partisipasi tersebut lebih tinggi satu persen pada Pilgub Banten periode sebelumnya. Terkait penyebab, Syaeful memperkirakan, karena masyarakat masih banyak yang mengutamakan kepentingan ekonominya dibandingkan kepentingan politik.
“Masyarakat lebih memilih untuk terus bekerja dibandingkan datang untuk mencoblos,” ujar Syaeful setelah evaluasi penyelenggaraan Pilgub di Hotel Ibis, Tangerang, beberapa waktu lalu.
Syaeful pun memprediksi, ada penyebab lain yang mengakibatkan partisipasi tersebut tidak mencapai target, namun perlu dilakukan pembahasan lebih dalam. Dari sisi upaya, lanjutnya, KPU Provinsi Banten sudah melakukan upaya sosialisasi semaksimal mungkin. Dengan berbagai kegiatan seperti lomba aplikasi dan kegiatan dalam bentuk sosialisasi resmi dan menyenangkan lainnya.