Pemkab Lebak Akan Bangun Pusat Kuliner di Sawarna

-

KABUPATEN LEBAK - Sektor pariwisata diakui mampu menekan angka kemiskinan di Kabupaten Lebak. Hal ini dilihat dari berkurangnya jumlah penerima bantuan langsung tunai, khususnya masyarakat yang berada di sekitar lokasi wisata.

Kepala Dinas Periwisata Kabupaten Lebak, Hayat Syahida mengatakan, salah satu bukti pariwisata mempunyai kontribusi mengurangi angka kemiskinan bisa dilihat di wisata Pantai Sawarna, Kecamatan Bayah. Sebagian besar masyarakat penerima bantuan kini mampu meningkatkan pendapatan dengan membuka home stay maupun rumah makan.

Untuk terus mendongkrak perekonomian masyarakat. Tahun ini kata Hayat, Pemkab Lebak akan membangun pusat kuliner di wisata andalan Kabupaten Lebak tersebut.

"Sentra kuliner, cendera mata dan fasilitas lain kita bangun tahun ini," ujar Hayat, Minggu (12/3/2017).

Tak kurang kata Hayat, dalam tahun, Pantai Sawarna dikunjungi 250 ribu wisatawan. Pada akhir pekan, tak kurang sekitar 1.500 wisatawan berlibur ke Sawarna.

"Kalau satu orang jajan Rp200 ribu, maka perputaran uang di sana bisa mencapai puluhan miliar," ucapnya.

Tak hanya Sawarna, Pemkab Lebak sambung Hayat juga terus berupaya meningkatkan faslitas dan penataan di lokasi wisata lainnya.

"Kami mengharapkan, pengelolaan tempat wisata dilakukan dengan profesional agar mampu menarik jumlah wisatawan, karena ini juga akan berpengaruh kepada perekonomian masyarakat," jelasnya.